Pages

Monday, October 8, 2012

Ilmu Sosial Dasar dan Budaya


Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

     Hakikatnya Ilmu Sosial Dasar atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ISD adalah ilmu yang mempelajari permasalahan sosial  di dalam masyarakat .  Ilmu sosial dasar terbentuk karena adanya benturan permasalahan sosial yang terjadi dimasyarakat seperti  masalah kependudukan dalam hubungannya  dengan perkembangan masyarakat /terjadi nya kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Ruang Lingkup ISD terdapat 6 contoh , seperti:

1.Individu (diri kita sendiri), keluarga dan masyarakat
2.Masyarakat di kota maupun di pedesaaan
3.Permasalahan penduduk
4.Lapisan berbagai elemen sosial
5.Pemuda yang bersosialisasi
6.Ilmu pengetahuan(seperti pembelajaran) dan teknologi yang berkembang.


Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Berkehidupan dan Pendidikan Umum

     Karna dimasyarakat acap kali terdapat permasalahan sosial maka pemerintah menetapkan bahwa Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah dengan harapan para Mahasiswa dapat mengkaji pengembangan pribadi , keilmuan dan keterampilan ,keahlian berkarya,perilaku berkarya dan kidupan bermasyarakat. Maka dengan adanya Ilmu Sosial Dasar ini dapat diharapkan menciptakan Mahasiswa yang lebih peduli dengan lingkungan sosial masyarakat.


Ilmu Sosial Dasar sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya

     Ilmu Sosial Dasar dalam perkuliahan memberikan dasar-dasar  ilmu pengetahuan sosial dan  konsep-konsep budaya kepada mahasiswa agar mahasiswa  dapat memperluas polapikir bahwa memecahkan suatu masalah ilmu sosialdasar dan budaya dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan Mahasiswa mampu agar dapat memberi solusi terhadap masalah nanti nya yang akan timbul di dalam masyarakat.


Perbedaaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar

     Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk menambah berkembang wawasan pemikiran dan kepribadian individu Mahasiswa agar memiliki pengetahuan yang luas , sedangkan Ilmu Budaya Dasar bertujuan lebih memfokuskan Mahasiswa  agar memiliki pengetahuan budaya serta memiliki kritik dan saran pengatahuan budaya.
 

Referensi : http://www.stkip.files.wordpress.com/2011/05/isbd.pdf


0 comments:

Post a Comment